TY - BOOK AU - Kamaruddin Hasan T1 - Model kultur sekolah berbasis multiple intelligence: hasil riset dan pengembangan kultur sekolah dasar T2 - Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Al-Gazali Barru PB - Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Al-Gazali Barru DA - 2019/9/7/ PY - 2019 AB - Kultur merupakan pandangan hidup yang diakui bersama oleh kelompok masyarakat yang mencakup cara berpikir, berprilaku, bersikap, nilai yang tercermin baik dalam bentuk fisik maupun abstrak. Kultur secara alamiah dapat diwariskan dari satu generasi kepada generasi berikutnya. Salah satu upaya untuk mewariskan kultur antar generasi yang terstruktur dan terukur, maka sekolah sebagai lembaga pendidikan formal didesain untuk memperlancar transmisi kultural tersebut. Kultur sekolah sangat penting dan mempengaruhi pola kehidupan warga sekolah. Kultur sekolah yang baik akan tercermin dalam cara berpikir, berperilaku, dan nilai kearifan dalam kehidupan warga sekolah secara nyata maupun abstrak. Namun, perhatian terhadap kultur sekolah masih belum dianggap sebagai faktor berpengaruh terhadap kualitas pendidikan. Kultur sekolah belum menjadi prioritas bagi peningkatan mutu pendidikan di tanah air. Meskipun pengembangan kultur sekolah tersirat dalam berbagai program sekolah, namun belum nampak keberpihakan pada upaya pengembangan ragam kecerdasan siswa. Misalnya, program manajemen mutu berbasis sekolah belum mencerminkan kultur sekolah yang berpihak pada pola pikir, perilaku, dan kenyamanan siswa dalam belajar di sekolah. SN - 978-602-475-776-2 ER -