SOSIALISASI “PELAYANAN PUBLIK SECARA ONLINE BERBASIS WEBSITE” DI DESA PALAKKA KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU

Mukmin Muhammad
Report Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Al-Gazali Barru • September 2019 Indonesia

Unduh teks lengkap
(English, 16 pages)

Abstrak

Pelayanan yang dilakukan oleh institusi pemerintah secara optimal, efektif dan sesuai dengan standar merupakan bagian dari standar setiap intitusi di Indonesia. Untuk mewujudkan pelayanan yang optimal memerlukan sebuah sistem yang baik dan terintegrasi mulai dari tingkat pusat sampai pada tingkat daerah. E-Government merupakan sebuah sistem terintegrasi dengan menggunakan media teknologi informasi dalam pelaksanaannya. EGovernment diimplementasikan pada Desa Palakka ,Kecamatan Barru, Kabupaten Barru yang saat ini masih mempunyai keterbatasan dalam penerapan e-Government. Service Oriented Architecture (SOA) diusulkan untuk dapat mengoptimalkan sistem yang dibangun sehingga mempunyai peluang untuk dikembangkan lebih jauh lagi khususnya pada model web service untuk optimaliasi e-government. Dari hasil penelitian menunjukan implementsi e- Government pada intitusi pemerintahan terlebih yang belum mempunyai dapat memberikan sebuah peningkatan pelayanan yang lebih optimal pada masyarakat terutama pada instansi di tingkat kelurahan Pemanfaatan teknologi saat ini merupakan sesuatu hal yang tidak bisa dihindarkan, karena kebutuhan informasi yang sangat cepat, dan tepat menjadi suatu kebutuhan utama disegala aspek. Salah satu teknologi yang paling berkembang adalah teknologi yang berbasis web yang sering disebut dengan internet. Teknologi ini sudah digunakan diberbagai bidang baik bisnis,pemerintahan, kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya. Teknologi internet yang kini sudah mendarah daging harus dimanfaatkan secara optimal, keberadaan teknologi diharapkan juga bisa menjadi jawaban untuk menyamaratakan kecepatan pelayanan, sebuah kemajuan jika pemerintah mulai mengadopsi teknologi tersebut sebagai infrastruktur utama pelayanan publik. PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT [PKM]

Target luaran dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini sebagai berikut : (i) Dengan layanan publik berbasis online dan website maka aparatur pemerintahan dapat dengan mudah memberikan layanan berkualitas kepada masyarakat yang efektif dan efesien,(ii) Melalui layanan itu, masyarakat dengan mudah untuk memperoleh informasi dan mendapatkan layanan secara cepat,"(iii) Pemerintah dapat memanfaatkan peluang dari teknologi yang digunakan dalam e-government/pelayanan online system yaitu teknologi informasi dan komunikasi, mengingat kelak masyarakat memiliki alternatif dalam mengakses pelayanan publik secara modern Keyword : Pelayanan , Online, Websait

Metrik

  • 21 kali dilihat
  • 15 kali diunduh

Penerbit

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Al-Gazali Barru

Sekolah Tinggi Ilmu Administrai Al Gazali Barru (STIA Al-Gazali Barru), didirikan pada tanggal 4 ... tampilkan semua