SOSIALISASI “PELAYANAN PUBLIK SECARA ONLINE BERBASIS WEBSITE” DI DESA PALAKKA KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU
September 3, 2019
Mukmin Muhammad

Metrik

  • Eye Icon 587 views
  • Download Icon 194 downloads
Metrics Icon 587 views  //  194 downloads
SOSIALISASI “PELAYANAN PUBLIK SECARA ONLINE BERBASIS WEBSITE” DI DESA PALAKKA KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU Image
Abstrak

Pelayanan yang dilakukan oleh institusi pemerintah secara optimal, efektif dan sesuai
dengan standar merupakan bagian dari standar setiap intitusi di Indonesia. Untuk mewujudkan
pelayanan yang optimal memerlukan sebuah sistem yang baik dan terintegrasi mulai dari tingkat
pusat sampai pada tingkat daerah. E-Government merupakan sebuah sistem terintegrasi dengan
menggunakan media teknologi informasi dalam pelaksanaannya. EGovernment
diimplementasikan pada Desa Palakka ,Kecamatan Barru, Kabupaten Barru yang
saat ini masih mempunyai keterbatasan dalam penerapan e-Government. Service Oriented
Architecture (SOA) diusulkan untuk dapat mengoptimalkan sistem yang dibangun sehingga
mempunyai peluang untuk dikembangkan lebih jauh lagi khususnya pada model web
service untuk optimaliasi e-government. Dari hasil penelitian menunjukan implementsi e-
Government pada intitusi pemerintahan terlebih yang belum mempunyai dapat memberikan
sebuah peningkatan pelayanan yang lebih optimal pada masyarakat terutama pada instansi di
tingkat kelurahan
Pemanfaatan teknologi saat ini merupakan sesuatu hal yang tidak bisa dihindarkan,
karena kebutuhan informasi yang sangat cepat, dan tepat menjadi suatu kebutuhan utama
disegala aspek. Salah satu teknologi yang paling berkembang adalah teknologi yang berbasis
web yang sering disebut dengan internet. Teknologi ini sudah digunakan diberbagai bidang baik
bisnis,pemerintahan, kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya. Teknologi internet yang kini
sudah mendarah daging harus dimanfaatkan secara optimal, keberadaan teknologi diharapkan
juga bisa menjadi jawaban untuk menyamaratakan kecepatan pelayanan, sebuah kemajuan jika
pemerintah mulai mengadopsi teknologi tersebut sebagai infrastruktur utama pelayanan publik.
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT [PKM]

Target luaran dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini sebagai berikut :
(i) Dengan layanan publik berbasis online dan website maka aparatur pemerintahan dapat dengan
mudah memberikan layanan berkualitas kepada masyarakat yang efektif dan efesien,(ii) Melalui
layanan itu, masyarakat dengan mudah untuk memperoleh informasi dan mendapatkan layanan
secara cepat,"(iii) Pemerintah dapat memanfaatkan peluang dari teknologi yang digunakan
dalam e-government/pelayanan online system yaitu teknologi informasi dan komunikasi,
mengingat kelak masyarakat memiliki alternatif dalam mengakses pelayanan publik secara
modern
Keyword : Pelayanan , Online, Websait

Full text
Show more arrow
 

Metrik

  • Eye Icon 587 views
  • Download Icon 194 downloads
Metrics Icon 587 views  //  194 downloads